Contoh Proposal, Cara Menghitung Volume Bangunan & Harga Bahan Material

Contoh Proposal Bendungan, Bagus dan Lengkap!

Contoh Proposal Pembangunan Bendungan – Anda sedang mencari contoh proposal pembangunan bendungan? Silakan lihat contoh proposal bendungan di bawah ini, kalau cocok silakan sedot.

PEMERINTAH KABUPATEN GARUT
KECAMATAN BANJARWANGI
DESA KADONGDONG

Contoh proposal bendungan

PEMERINTAH KABUPATEN GARUT
KECAMATAN BANJARWANGI
DESA BANJARWANGI

Nomor            :  ..................
Lampiran       :
Perihal           :  Pembangunan Bendungan

        Kepada :
Yth. Bapak .......................
        di
        Tempat
         
Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Disampaikan dengan hormat, bahwa keberadaan bendungan di Desa ............... sebagian besar dalam keadaan rusak karena sering longsor karena terkikis aliran sungai.

Sehubungan hal tersebut di atas maka pembangunan bendungan Kp. ................... Desa .................... yang kami harapkan bersama masyarakat bisa terlaksana guna menjaga keutuhan dan tersedianya air sampai ke lahan persawahan warga.

Mengingat hal tersebut d iatas, maka kami Kepala Desa beserta masyarakat berupaya mengumpulkan swadaya untuk terlaksananya pembangunan bendungan tersebut walaupun hasilnya masih jauh dari harapan, karena kemampuan masyarakat kami sangat terbatas dan sebagian besar merupakan petani dan buruh tani, jadi tidak mampu melaksanakan pembangunan bendungan secara swadaya sebagaimana yang diharapkan.

Besar harapan kami dan semoga mendapatkan perhatian pemerintah untuk terkabulnya permohonan ini.

Demikian permohonan ini disampaikan atas pertimbangan dan terkabulnya permohonan ini, kami mengucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Panitia Pembangunan Bendungan 


KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Alloh SWT, atas segala nikmat dan karunia-nya kami dapat menyelesaikan proposal ini untuk mengajukan permohonan bantuan Pembangunan Bendungan Kp. ..................... Desa ..................... Kecamatan ...................... Kabupaten ............... Shalawat dan salam semoga dilimpahkean kepada jungjunan kita Nabi Muhammad SAW, kepada keluarganya, para sahabatnya serta orang-orang yang mengikutinya sampai akhir zaman.

Proposal ini disusun dan diajukan sebagai bahan pertimbangan dan kebijakan dalam menentukan alokasi pembangunan di desa kami pada tahun anggaran yang ditentukan. Kemudian proposal ini kami ajukan untuk permohonan bantuan Pembangunan Bendungan Kp. ...................... Desa ...................... Kecamatan .................... yang nantinya akan bermanfaat bagi masyarakat.

Melihat kondisi bendungan yang tidak kuat dan sangat memperihatinkan, sedangkan kemampuan sumber daya yang dimiliki sangat terbatas, maka untuk mewujudkan pembangunan tersebut kami berharap mendapat bantuan melalui program pembangunan dari pemerintah.

Demikian proposal ini kami sampaikan semoga apa yang kami harapkan dapat terkabul.



PROPOSAL
PEMBANGUNAN BENDUNGAN
DESA ..........................
KECAMATAN ...................... KABUPATEN ...................

1. Latar Belakang

Dinamika pembangunan yang senantiasa membawa aspirasi dan tuntunan baru di masyarakat untuk mewujudkan kualitas kehidupan yang baik. Aspirasi dan tuntutan masyarakat itu dilandasi oleh hasrat untuk lebih baik beraktivitas dan berperan serta dalam mewujudkan masyarakat yang maju, mandiri dan bertaqwa kepada Allah SWT.

Atas dasar itulah, masyarakat perlu diberi rangsangan untuk ikut serta memikirkan masalah-masalah yang dihadapi dan turut serta merumuskan pemecahannya/ solusinya. Peran serta masyarakat yang aktif akan lebih menumbuhkan kebersamaan, sehingga dapat memepercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat yang adil, makmur dan sejahtera yang dilandasi dengan ilmu dan keimanan.

Upaya pembangunan desa memerlukan kepedulian yang diwujudkan dalam kemitraan dan kebersamaan berbagai pihak, dalam pengertian pemberdayaan pembangunan desa merupakan suatu proses perubahan suatu kesejahteraan dan peningkatan tantangan perkembangan pembangunan yang merupakan kewajiban bagi seluruh masyarakat dan pemerintah.

Pembangunan yang sedang diprioritaskan di Kp. .................... Desa .................... adalah pembangunan bendungan di Kp. .................... Desa .................... karena Bendungan tersebut sangat dibutuhkan masyarakat guna pemenuhan kebutuhan air, penataan keindahan dan kenyamanan lingkungan. Pembangunan bendungan tersebut sangat diperlukan oleh karena itu masyarakat beserta pemerintah desa mencoba membangunnya.

2. Kondisi Bendungan

Adapun kondisi bendungan yang ada sekarang baru sebatas bendungan darurat, seperti menggunakan karung plastik saja. Sedangkan pembangunan bendungan yang kami harapkan dari bantuan pemerintah kabupaten maupun provinsi. Bendungan yang sangat parah dan mendesak kebutuhannya sepanjang ...... m. Sebagai bahan pertimbangan, pemerintah desa bersama masyarakat telah menyediakan bahan-bahan yang ada di sekitar lingkungan masyarakat seperti batu pecah dan pasir guna mempercepat pembangunan bendungan desa yang kami harapkan. Dengan harapan desa kami lebih terjamin keberadaan airnya dan layak sebagai mana mestinya.

3. Tujuan

Maksud dan tujuan pembangunan bendungan di Kp. ................ Desa ................... adalah :
  • Untuk lebih memperlancar sarana irigasi
  • Memperbaiki saluran yang labil
  • Menata lingkungan supaya tidak kotor dan kumuh
  • Memberi rasa aman bagi warga masyarkat
4. Sasaran

Kiranya perlu dikemukakan bahwa pembangunan bendungan di desa ................. telah dibangun dari mulai bendungan secara swadaya masyarakat di sekitar desa, dan yang belum tersentuh pembangunnannya yaitu lokasi Kp. .................... sepanjang ......... m. Pemanfaat dari bendungan tersebut adalah ...... kepala keluarga.

5. Penutup

Demikian proposal bendungan ini kami buat, dengan harapan mendapat dorongan dan bantuan dana untuk terealisasinya pembangunan bendungan Kp. .................. Desa ..................... Kecamatan ..................... Kabupaten ................ Atas segala bantuan serta uluran tangan Bapak dalam rangka meningkatkan pembangunan, kami berdo’a, semoga Allah SWT membalas kebaikan dengan pahala yang berlipat ganda.

Atas segala perhatian serta terkabulnya permohonan ini kami ucapkan terima kasih.

Surat permohonan dan proposal ini harus ditandatangani panitia pembangunan bendungan, Kepala Desa dan Camat setempat. Rencana Anggaran Biaya (RAB) pembangunan bendungan, sudah terlampir dalam file download di bawah.

Demikianlah contoh proposal pembangunan bendungan ini semoga bermanfaat. Download contoh proposal bendungan, klik disini.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Contoh Proposal Bendungan, Bagus dan Lengkap!

0 komentar:

Posting Komentar